Cara Menyusun Teks Diskusi

- Februari 13, 2015
Siapa yang tidak suka berdiskusi ? Setiap orang pasti suka berdiskusi, karena dengan berdiskusi membuat sesuatu yang mudah menjadi mudah. Nah, kali ini Materi Media akan membagikan "Cara Menyusun Teks Diskusi" dari judulnya saja sudah membuat kita penasaran apalagi cara buatnya. Berikut cara membuatnya:
Menyusun teks diskusi

Pengertian Teks Diskusi

Diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

Manfaat Diskusi

Kegiatan diskusi kelompok banyak manfaatnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Kegiatan diskusi lebih banyak melatih seseorang berfikir secara logis karena dalam diskusi ada proses adu argumentasi.

2. Argumentasi yang di kemukakan mendapat penilaian dari anggota lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah.

3. Umpan balik dapat diterima Secara langsung sehingga hal ini dapat memperbaiki cara berbicara si pembicara, baik yang menyangkut faktor kabahasaan maupun nonkebahasaan.



4. Peserta yang pasif dapat dirangsang supaya aktif berbicara oleh moderator atau peserta lain.

5. Para peserta diskusi turut mempertimbangkan gagasan yang berbeda-beda dan turut merumuskan persetujuan bersama tanpa emosi untuk menang sendiri 

Macam-macam Teks Diskusi

  • Seminar

Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal.

  • Sarasehan

Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (perasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.

  • Lokakarya

Pertemuan yang membahas suatu karya.

  • Simposium

Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.

  • Muktamar

Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

  • Konferensi

Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

  • Diskusi panel

Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator.

  • Diskusi kelompok

Penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.

Struktur Teks Diskusi

     Struktur teks diskusi

  • Isu
Pada bagian isu, penulis teks akan memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika ingin menulis sebuah teks diskusi, sebaiknya kamu memilih topik permasalahan yang kontroversial sehingga nanti kamu memiliki banyak argumen, baik argumen yang mendukung maupun argumen yang menentang.
Jika penulis akan menulis teks diskusi tentang membawa HP ke sekolah kira-kira Isu-nya seperti ini 
"Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan."

  • Argumentasi
Pada bagian argumentasi terdapat dua argumen, yaitu argumen mendukung dan argumen menentang berikut penjelasannya:
Argumen mendukung:Pendapat yang mendukung berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang mendukung. Argumen ini didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini "telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik"

Argumen menentang:Pendapat yang menentang berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang menentang. Argumen ini juga didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti "ini aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu."

Pada bagian simpulan, penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang akan dibahas. Pada bagian ini, alangkah baiknya kamu mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar simpulan yang kamu ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini 
"Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka."

Contoh Teks Diskusi 

Isu 
Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.  Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.

Argumen Mendukung
Masyarakat yang setuju siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah memiliki alasan, yaitu orang tua dapat menghubungi anaknya baik secara langsung  maupun tidak langsung. Dengan membawa telepon seluler, setidaknya orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya. Jika siswa tidak membawa telepon seluler sedangkan orang tua perlu segera  menghubungi, orang tua harus menghubungi kantor sekolah. Akibatnya, waktu yang berharga bisa hilang. Apalagi, saluran telepon di kantor sekolah sedang sibuk. Sekolah juga harus mengirim seseorang untuk menghubungi siswa yang bersangkutan dan menyampaikan pesan atau memanggilnya ke kantor untuk menerima telepon. Di samping itu, salah satu keuntungan dari penggunaan telepon seluler di sekolah adalah telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa   aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik.

Argumen Menentang
Sementara itu, masyarakat yang tidak setuju siswa membawa telepon seluler ke sekolah mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu. Hal itu akan merugikan seluruh kelas. Di samping itu, siswa dapat menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi narkoba, pencurian, dan sejenisnya. Aplikasi internet di telepon seluler memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan. Siswa dapat pergi ke internet untuk mencari jawaban pada saat ulangan. Siswa bisa membawa teks contekan dalam telepon seluler. Kadang-kadang, hanya anakanak dari keluarga mampu yang memiliki telepon seluler. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah sosial, seperti kecemburuan, pencurian, dan pelecehan. Proses penyesuaian di sekolah menjadi agak sulit karena adanya kesenjangan sosial.

Simpulan 
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka.
Sumber Teks Diskusi: http://artikel 1.coffemix.com/7125/dampak-positif-dan-d-telepon seluler-ke sekolah) 

Tidak susah kan cara menyusun teks diskusi ? Nah, jika Anda masih belum mengerti atau lainnya, silakan berkomentar di bawah.

Jonni Mulyawan

Menulis adalah salah satu cara saya menggunakan waktu luang.

RELATED POSTS

Next article
« Prev Post
Previous article
Next Post »

2 Komentar

Unknown 25 Januari, 2016
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown 12 Maret, 2019
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Harap tidak memasang live link maupun no live link. Jika komentar Anda mau di tampilkan !
Emoticon