Siapa yang tidak suka berdiskusi ? Setiap orang pasti suka berdiskusi, karena dengan berdiskusi membuat sesuatu yang mudah menjadi mudah. Nah, kali ini Materi Media akan membagikan "Cara Menyusun Teks Diskusi" dari judulnya saja sudah membuat kita penasaran apalagi cara buatnya. Berikut cara membuatnya:
1. Kegiatan diskusi lebih banyak melatih seseorang berfikir secara logis karena dalam diskusi ada proses adu argumentasi.
2. Argumentasi yang di kemukakan mendapat penilaian dari anggota lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah.
3. Umpan balik dapat diterima Secara langsung sehingga hal ini dapat memperbaiki cara berbicara si pembicara, baik yang menyangkut faktor kabahasaan maupun nonkebahasaan.
Pengertian Teks Diskusi
Diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.Manfaat Diskusi
Kegiatan diskusi kelompok banyak manfaatnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.1. Kegiatan diskusi lebih banyak melatih seseorang berfikir secara logis karena dalam diskusi ada proses adu argumentasi.
2. Argumentasi yang di kemukakan mendapat penilaian dari anggota lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah.
3. Umpan balik dapat diterima Secara langsung sehingga hal ini dapat memperbaiki cara berbicara si pembicara, baik yang menyangkut faktor kabahasaan maupun nonkebahasaan.
4. Peserta yang pasif dapat dirangsang supaya aktif berbicara oleh moderator atau peserta lain.
5. Para peserta diskusi turut mempertimbangkan gagasan yang berbeda-beda dan turut merumuskan persetujuan bersama tanpa emosi untuk menang sendiri
5. Para peserta diskusi turut mempertimbangkan gagasan yang berbeda-beda dan turut merumuskan persetujuan bersama tanpa emosi untuk menang sendiri
Macam-macam Teks Diskusi
- Seminar
Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal.
- Sarasehan
Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (perasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
- Lokakarya
Pertemuan yang membahas suatu karya.
- Simposium
Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.
- Muktamar
Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
- Konferensi
Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
- Diskusi panel
Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator.
- Diskusi kelompok
- Isu
Pada bagian isu, penulis teks akan memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika ingin menulis sebuah teks diskusi, sebaiknya kamu memilih topik permasalahan yang kontroversial sehingga nanti kamu memiliki banyak argumen, baik argumen yang mendukung maupun argumen yang menentang.
Jika penulis akan menulis teks diskusi tentang membawa HP ke sekolah kira-kira Isu-nya seperti ini
"Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan."
- Argumentasi
Pada bagian argumentasi terdapat dua argumen, yaitu argumen mendukung dan argumen menentang berikut penjelasannya:
Argumen mendukung:Pendapat yang mendukung berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang mendukung. Argumen ini didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini "telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik"
Argumen menentang:Pendapat yang menentang berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang menentang. Argumen ini juga didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti "ini aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu."
Argumen mendukung:Pendapat yang mendukung berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang mendukung. Argumen ini didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini "telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik"
Argumen menentang:Pendapat yang menentang berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang menentang. Argumen ini juga didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti "ini aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu."
Pada bagian simpulan, penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang akan dibahas. Pada bagian ini, alangkah baiknya kamu mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar simpulan yang kamu ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini
"Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka."
Contoh Teks Diskusi
Isu
Banyak
sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang
siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang
membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai
persyaratan. Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke
sekolah diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa
telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan
siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
Argumen
Mendukung
Masyarakat
yang setuju siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah memiliki alasan,
yaitu orang tua dapat menghubungi anaknya baik secara langsung maupun
tidak langsung. Dengan membawa telepon seluler, setidaknya orang tua merasa
nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan
jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya. Jika siswa tidak membawa telepon
seluler sedangkan orang tua perlu segera menghubungi, orang tua harus
menghubungi kantor sekolah. Akibatnya, waktu yang berharga bisa hilang.
Apalagi, saluran telepon di kantor sekolah sedang sibuk. Sekolah juga harus
mengirim seseorang untuk menghubungi siswa yang bersangkutan dan menyampaikan
pesan atau memanggilnya ke kantor untuk menerima telepon. Di samping itu,
salah satu keuntungan dari penggunaan telepon seluler di sekolah adalah
telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler
yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator,
kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam
bidang akademik.
Argumen Menentang
Sementara
itu, masyarakat yang tidak setuju siswa membawa telepon seluler ke sekolah
mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi
konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di
kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu. Hal
itu akan merugikan seluruh kelas. Di samping itu, siswa dapat menggunakan
telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi narkoba, pencurian,
dan sejenisnya. Aplikasi internet di telepon seluler memberikan kesempatan
untuk melakukan kecurangan. Siswa dapat pergi ke internet untuk mencari
jawaban pada saat ulangan. Siswa bisa membawa teks contekan dalam telepon
seluler. Kadang-kadang, hanya anakanak dari keluarga mampu yang memiliki
telepon seluler. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah sosial, seperti
kecemburuan, pencurian, dan pelecehan. Proses penyesuaian di sekolah menjadi
agak sulit karena adanya kesenjangan sosial.
Simpulan
Cara
untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah
dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting
apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan
atau hanya membawa dampak negatif belaka.
Sumber Teks Diskusi: http://artikel
1.coffemix.com/7125/dampak-positif-dan-d-telepon seluler-ke sekolah)
|
Tidak susah kan cara menyusun teks diskusi ? Nah, jika Anda masih belum mengerti atau lainnya, silakan berkomentar di bawah.
TAGS :
Bahasa Indonesia
2 Komentar
Harap tidak memasang live link maupun no live link. Jika komentar Anda mau di tampilkan !
Emoticon