Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksemplum

- Agustus 15, 2015
Teks Eksemplum merupakan teks cerita yang mengisahkan tokoh atau pelaku dari ceritanya. Kisahnya biasa diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian dilanjutkan dengan peristiwa yang dialami tokoh, lalu ditutup dengan interpretasi yang muncul dari dalam diri tokoh. Sebagai karya sastra, teks eksemplum termasuk teks yang berisi sebuah pengalaman hidup manusia.
Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksemplum

Ciri-ciri Teks Eksemplum 

  • Berisi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi.
  • Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas.
  • Menggunakan bahasa naratif.
  • Mempunyai struktur lengkap yaitu orientasi, insiden, dan interpretasi.

Struktur Teks Eksemplum

  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal teks eksemplum. Biasanya bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh.
Contoh: "Dia merupakan salah satu teman saya saat kecil, dia sangat suka menabung."

  • Insiden

Insiden merupakan bagian kedua dari teks eksemplum. Bagian ini merupakan peristiwa yang berisi persoalan yang dihadapi oleh si tokoh.  
Contoh: "Jonni kehabisan uang jajan karena terlalu sering bermain Play Station di warung Pak Jaka."

  • Interpretasi

Jika Insiden merupakan masalah/persoalan yang dihadapi oleh pemain, sedangkan Interpretasi merupakan pesan moral, evaluasi, san akibat masalah yang dilakukan oleh si pemain. 
Contoh: "Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa." 

Contoh Teks Eksemplum "PENCURIAN"

  • Orientasi

  Sabtu sore, aku pulang dari lapangan futsal di sekitar kota Ngabang. Aku baru saja bermain futsal disana. Sampai kos sudah maghrib, aku langsung mandi.
  Setelah mandi, aku solat maghrib, lalu aku istirahat sebentar di kamar. Di kamar, aku mengobrol dengan Hala. Tak terasa, waktu cepat berlalu. Jam 24.00 WIB teman sekamarku pulang, Mbak Devi namanya. Kami mengobrol sampai pukul 1.00 WIB.

  • Insiden


  Minggu pagi, aku dan Devi bangun di pagi yang kacau. Kami kemalingan. Dua laptop, dua handphone, satu modem, dan tasku hilang. Seseorang telah mencurinya semalam. Diperkirakan antara pukul 1.00 sampai pukul 3.00. Sebab, teman sebelah kamarku bangun pukul 3.00 dan tahu bahwa pintu kamarku terbuka. Tapi, ia juga belum tahu kalau kami baru saja kehilangan beberapa barang penting. Aku bertanya pada Devi, apakah ia belum mengunci kamar ketika tidur, ternyata Devi lupa tidak mengunci kamar kami.
  Setelah itu, aku dan Devi langsung lapor ke Bapak Kos, kami disuruh untuk lapor ke kepolisian.  Pagi itu, kami langsung ke Polsek Gunung Pati, pukul 08.00 kami tiba, membuat keterangan, surat kehilangan dan menyerahkan barang bukti berupa tas yang ditnggalSi Pencuri di Jemuran. Jam 10.00 WIB polisi datang ke kos untuk melihat dan menyelidiki kasus ini. Meski polisi juga belum bias menemukan pelakunya.  Kami betul-betul tidak menyangka kejadian seperti ini menimpa kami.

  • Interpretasi

  Kejadian ini adalah peringatan besar untuk kami. Sejak itu, saya dan Devi terus waspada.
Aku telah memasang gembok di pintu belakang. Dan kamarku selalu dikunci meski kami hanya keluar sebentar.

Demikian artikel tentang teks eksemplum ini. Jika ada pertanyaan, tulislah komentar kamu di bawah.
Jonni Mulyawan

Menulis adalah salah satu cara saya menggunakan waktu luang.

RELATED POSTS

Next article
« Prev Post
Previous article
Next Post »

16 Komentar

Ronalsff 21 Agustus, 2015

wah keren nih,,, makasih udah share dan berbagi,,,, infonya sangat bermanfaat sekali,,, jangan lupa komen backnya di ronalsf.blogspot.com

Kadek Denta Brata Yoga 21 Agustus, 2015

Judul teksnya apa gan?

Kadek Denta Brata Yoga 21 Agustus, 2015

Judul teksnya apa gan?

Unknown 21 Agustus, 2015

pencuri

Jonni 21 Agustus, 2015

Ohh iya... saya lupa memberi JUDULNYA :3 , maaf ya...

Judul teksnya adalah "Pencurian"
Makasih +NurHaliza Am. udah bantu jawab :D

Yaufie's 31 Agustus, 2015

kok tidak ada abstrak dan kodanya, yang benar bagimana?

Jonni 31 Agustus, 2015

Untuk ada atau tidak saya belum tahu. Tetapi dalam buku pelajaran B. Indonesia kelas 3 SMP dan guru saya jelaskan, tidak ada abstak dan koda.

Unknown 04 September, 2015

Apa tujuan membuat teks eksemplum?

Jonni 06 September, 2015

Dari pengertiannya saja, kita sudah bisa mengambil kesimpulan: "Sebagai karya sastra, teks eksemplum termasuk teks yang berisi sebuah pengalaman hidup manusia." Jadi tujuannya adalah memberi pengalaman si pelaku untuk pembacanya.

Kira-kira begitulah :)

Unknown 09 September, 2015

ddaebak .. tapi ada kata yang butuh perbaikan yaitu "di Jemuran" seharusnya di jemuran ..huruf J nya harusnya kecil ..but ,, gwenchana ya ddaebak ..hehe.. =D izin copas nde .. :) (h) (y)

Unknown 09 September, 2015

ini tingkat jhs ..

Jonni 09 September, 2015

Silahkan :D tapi jangan lupa sertakan sumbernya (y)

Faiq Fadhillah 27 September, 2015

Super Sekali:)

Dea 18 November, 2015

Lengkap sekali penjelasannya :)

dorar.info

Infinity Chef 23 Desember, 2015

Wah makasih pembahasannya lengkap banget, tapi untuk contoh bisa ditambahin lagi biar saya mudeng. Makasih salam kenal dari saya admin dari Informasibelajar.com

Unknown 28 Februari, 2016

bolehkah saya tau apa? alamat URL nya

Harap tidak memasang live link maupun no live link. Jika komentar Anda mau di tampilkan !
Emoticon